Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir


mengatasi-hidung-tersumbat-pada-bayiSalah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir dapat dilakukan dengan cara penguapan alami atau disebut juga dengan inhalasi.

Pada saat bayi baru lahir yang berusia 0-3 bulan mengalami pilek atau hidungnya tersumbat, bunda pasti akan merasa bingung dan membutuhkan cara untuk mengatasinya. Beberapa orangtua umumnya hanya mengelap ingus atau lendir hidung menggunakan tissue atau ada juga yang menggunakan penyedot lendir yang mereka beli dari apotik.

Bayi baru lahir biasanya akan rewel, susah tidur dan kesulitan untuk bernapas pada saat pilek dan hidung tersumbat. Hidung tersumbat juga merupakan gejala awal penyakit influenza. Hidung bayi baru lahir biasanya akan mengeluarkan banyak lendir pada saat kondisi seperti ini, dan keluar masuknya udara melalui hidung membuat lendir tersebut menjadi kering dan menyumbat saluran pernapasan. Saat itulah bayi baru lahir mengalami kesulitan bernapas karena hidungnya tersumbat. Oleh sebab itulah bunda harus mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat dengan tepat untuk mengatasi hidung bayi baru lahir yang tersumbat.

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Adapun beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang aman untuk bayi baru lahir diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi hidung tersumbat pada bayi dapat dilakukan dengan cara penguapan alami atau disebut juga dengan inhalasi. Caranya, bunda bisa memberikan uap dari air panas yang telah ditetesi dengan minyak telon dalam sebuah ember kecil. Letakkan di dekat bayi tidur. Biarkan bayi Anda menghirup uap dari air tersebut. Hal ini bisa sedikitnya melegakan pernapasan dan mengurangi hidung bayi Anda yang tersumbat.
2. Bunda bisa menggunakan alat penghisap lendir pernapasan atau nasal aspirator khusus untuk bayi yang dapat bunda peroleh di apotik. Sebelum bunda menggunakan alat tersebut, sterilkan dulu bagian alat penghisap yang akan dimasukkan ke dalam hidung. Masukkan secara perlahan dan jangan terlalu dalam. Kemudian lakukan dengan cara lembut agar hidung bayi tidak teriritasi.
3. Agar lendir yang membuat hidung bayi tersumbat menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan, bunda bisa meneteskan larutan garam atau nasal saline dengan ujung pipet. Setelah lendir tersebut encer, bunda biusa membantu mengeluarkannya dengan menggunakan alat penghisap lendir secara perlahan.
4. Bunda bisa mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan cara memijat hidung bayi secara lembut sambil membersihkan lendirnya dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi. Pijatan lembut pada hidung bayi tersebut bisa membantu bayi Anda melegakan pernapasan.
5. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir yang selanjutnya adalah dengan cara menggunakan balsam pelega pernapasan yang memang khusus untuk bayi. Selain balsam bayi bisa melegakan pernapasan, balsam bayi tersebut juga bisa menghangatkan tubuh bayi juga uapnya dapat mengatasi hidung bayi yang tersumbat.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir yang dapat bunda lakukan sendiri di rumah. Jika dengan beberapa cara tersebut tidak berhasil, maka bunda harus segera membawa buah hatinya ke dokter.

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s