PICA, Ngidam yang Berbahaya


pica-ngidam-yang-berbahayaSebagian besar wanita yang sedang hamil memiliki perilaku yang khas dan sering sekali malah membuat suami serta keluarga kerepotan sendiri mengikuti keinginan kita. Ini dia yang sering kita sebut dengan ngidam. Ngidam merupakan perasaan untuk menginginkan sesuatu dengan tiba-tiba yang terjadi pada wanita hamil, hal ini dapat berupa makanan ataupun hal yang lainnya, serta kadang terkadang terjadi pada waktu yang tak disangka yang kemudian sulit untuk menemukannya. Konon para orang tua sering berkata jika suami ataupun keluarganya tidak dapat memenuhi keinginan tersebut, makan anaknya nanti akan mengalami ini itu. Ngidam ini bukanlah sebuah khayalan ataupun sekedar sugesti belaka. Proses ngidam itu sendiri telah diakui oleh beberapa dokter sebagai reaksi yang terjadi pada awal kehamilan. Namun ada beberapa wanita yang mengalami ngidam hingga masa menjelang kelahiran.

Berbicara tentang ngidam ini tidak hanya berupa makanan, selain itu banyak wanita yang mengidam hal-hal yang aneh. Seperti ngidam ingin mengelus kepala orang yang botak, memegang kumis ada juga yang lainnya. Ngidam tersebut sudah termasuk pada jenis ngidam yang aneh. Beberapa ngidam yang masuk akal dan masih dalam tahap nomal masih bisa dikatakan sebagai hal yang cukup wajar. Namun ketika sudah memasuki tahap yang tak masuk akal, sebaiknya hal ini mesti diwaspadai serta dihentikan seperti hal nya PICA. Pica merupakan istilah yang digunakan menunjuk sebuah keinginan yang tidak dapat dikontrol untuk memakan hal-hal yang tidak untuk dikonsumsi seperti kertas, tanah liat, kotoran dan sebagainya. Beberapa kasus yang pernah terjadi ialah keinginan wanita hamil untu memakan bedak. Tidak terlalu jelas hal tersebut disebabkan oleh faktor apa. Selain ingin memakan bedak, masih banyak hal lain yang ingin dikonsumsi oleh wanita hamil. Diantaranya ialah lumpur, tanah liat, lilin, kapur, tawon, timah, puntung rokok, tepung, batu es, serta lain sebagainya. Dari sini dapat dilihat bahwa ternyata wanita yang sedang hamil dapat memiliki bakat yang sangat luar biasa oleh faktor keinginan dan ngidam yang sangat aneh ini.

Hingga sekarang ini belum ada yang mengetahui penyebab wanita hamil mengalami pica. Banyak juga hipotesis yang sudah dibuat agar dapat menjelaskan perilaku ngidan semacam ini. Hipotesis yang di buat ini mencakup bermacam faktor seperti faktor ekonomi, sosial, cultural, penyakit defisiensi ataupun gangguan psikologis itu sendiri. Jika pada biasanya pica ini dihubungkan dengan kecukupan nutrisi wanita hamil itu sendiri, contohnya ketika ia memakan tanah liat hal ini bisa dihubungkan dengan beberapa keadaan tubuh yang kekurangan asupan zat besi. Namun apakah absorpsi pada zat besi tersebut disebabkan karena memakan tanah liat tadi atau kurangnya zat besi dalam tubuh bisa mendorong wanita hamil mamakan tanah? Sampai saat ini belum ada penjelaan yang ilmiah mengenai pertanyaan tersebut.

Berikut merupakan akibat yang berbahaya dari masalah pica tersebut diantaranya ialah:

  • Mamakan tanah liat dapat menyebabkan sembelit atau konstipasi.
  • Memakan pasir ataupun tanah dapat mengakibatkan nyeri pada lambung serta pendarahan yang terjadi sesekali.
  • Mengunyah secara langsung batu es dapat membuat gigi tampak seperti abnormal.
  • Memakan kotoran lebih mengarah terhadap penyakit yang disebabkan oleh infeksi seperti toksoplasmosis, trichuriasis, dan toksocariasis.
  • Menelan benda yang berbahan dari logam dapat mengakibatan perforasi pada usus.
  • Memakan benda yang berbahan dari timah dapat menyebabkan rudaknya ginjal serta keterbelakangan mental.

    Pica ini memang terkesan sangat menyeramkan dan berbahaya. Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda tetap mengawasi gejala ngidam anda. Dan anda sebagai wanita hamil sebaiknya lebih mengontrol keinginan anda.

    Sumber : PICA, Ngidam yang Berbahaya – Bidanku.com http://bidanku.com/pica-ngidam-yang-berbahaya#ixzz3O7c7PB7T

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s