Daftar Makanan Sehat Untuk Mencegah Kanker Payudara


daftar-makanan-sehat-untuk-mencegah-kanker-payudaraMemiliki payudara yang sehat tidak hanya dapat diperoleh dari rajin melakukan perwatan payudara seperti spa, pijat payudara ataupun masker payudara. Peribahasa yang menyatakan ‘You are what you eat’, nampaknya menjadi peribahasa yang tepat digunakan saat ini, pasalnya apa yang anda makan ikut pula berkontribusi dalam menjaga kesehatan anda termasuk kesehatan payudara, apalagi timbulnya kanker sebagai penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita bisa disebabkan akibat dari gaya hidup dan menu makanan yang tidak teratur.

Beberapa makanan seperti konsumsi junk food, makanan dengan kandungan pengawet tinggi, serta makanan yang kaya akan lemak namun rendah nutrisi bisa menjadi salah satu timbulnya kanker payudara. Namun meski demikian, ada juga beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan resiko kanker payudara. Dengan konsumsi makanan berikut serta diimbangi dengan olahraga teratur, maka resiko kanker paling menakutkan ini bisa anda hindari.

Makanan apa sajakah itu? Simak berikut ini.

1. Konsumsi Teh

Konsumsi teh terbukti memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, khususnya mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan polifenol dan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas yang merupakan bagian dari pemicu timbulnya kanker pada tubuh. Itulah mengapa, ramuan teh hijau sudah sejak lama dijadikan ramuan sehat untuk para wanita jepang, mereka mengkonsumsi teh hijau sedikitnya 1 gelas dalam sehari. Hal ini baik untuk kesehatan, karena teh hijau mampu menghilangkan karsinogen (zat penyebab kanker) dari dalam tubuh. Jadi, tidak ada salahnya mulai rutin mengkonsumsi teh hijau mulai saat ini untuk mengurangi resiko kanker payudara yang bisa mengancam anda sewaktu-watu.

2. Konsumsi Jamur

Berdasarkan data yang dicatat dan dipublikasikan oleh International Journal Of Cancer, kurang lebih dua ribu wanita yang mengkonsumsi jamur segar sekurang-kurangnya 10 gram setiap harinya, memiliki resiko 2/3 terhindar dari risiko mengidap kanker payudara. Sementara itu, mereka yang mengkombinakasikan konsumsi jamur dan rajin meminum teh hijau terbukti mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi sehingga memiliki resiko kanker payudara menjadi lebih rendah.

3. Konsumsi Buah Delima

Buah dengan warna yang merona dan terlihat begitu cantik ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan hormon pemicu kanker payudara. Hal ini dikarenakan kandungan ellagic acid yang terkandung dalam buah delima dapat mengontrol jumlah hormon esterogen sehingga resiko dari kanker payudara bisa anda cegah.

4. Bawang Putih

Beberapa studi menunjukan bahwa bawang putih dapat melenyapkan sel perusak yang dapat menyebabakan kanker, hal ini berfungsi ketika dilakukan tes pada daging. Penelitian menemukan dengan memasak bawang putih dengan daging dapat mengurangi bahan kimia karsinogenik dalam daging tersebut, yang mana zat tersebut dapat menyebabkan kanker payudara.

5. Salmon

Kandungan Omega-3 serta asam lemak tak jenuh dalam ikan salmon dihubungkan dengan peningkatan prognosis kanker payudara. Hal ini juga dibahas dalam sebuah studi analisis internasional yang menyebutkan wanita yang banyak mengkonsumsi asam lemak omega-3 dari ikan memiliki resiko menderita kanker payudara 14% lebih rendah dibandingkan mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsinya.

Kanker payudara adalah penyakit yang paling menakutkan untuk para wanita, untuk itu mencegah dan menghindari penyebab dan kemungkinan yang mungkin terjadi adalah cara terbaik untuk mengurangi resiko timbulnya kanker payudara.

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s