Berhati-hatilah Menggunakan Pemutih Kulit Saat Kehamilan


berhati-hatilah-menggunakan-pemutih-kulit-saat-kehamilanSeluruh wanita di muka bumi ini ingin terlihat cantik bagaikan bidadari. Mereka semua mendambakan pujian oleh seluruh pria yang mereka temui. Mereka ingin para pria tersebut memuji kecantikan tersebut. Pandangan dari seorang wanita soal kecantikan meliputi rambut yang panjang dan indah, tubuh yang proporsional bak seorang model, wajah yang cantik dan putih berseri. Yang terakhir merupakan inti dari seluruh kecantikan. Banyak yang beranggapan bahwa dengan memilki wajah yang putih berseri akan membuat mereka semakin percaya diri saat berjalan di muka umum. Tidak hanya perempuan yang belum menikah saja yang ingin tampil cantik, bahkan ibu-ibu hamil pun ingin terlihat cantik. Hasilnya mereka pun memakai produk kosmetik pemutih wajah yang dijual di pasaran belakangan ini. Mungkin dulu untuk mendapatkan obat ini sangat sedikit yang dapat membelinya, karena mahalnya harga dari obat ini. Tapi sekarang ini banyak obat-obat pemutih wajah dijual pasaran. Tentu dengan harga yang lebih murah dan kualitasnya?? Nah, untuk yang satu ini masih bisa dipertanyakan. Dengan harga yang murah maka kualitasnya pun bisa dibilang “murahan”. Harga murah dan kualitas tidak begitu baik pasti memberikan efek negative terhadap muka yang dipakaikan obat pemutih tersebut. Terlebih lagi yang memakainya oleh ibu yang sedang hamil. Maka itu pun sangat berbahaya.Memang benar dewasa ini sering juga dijumpai obat atau krim pemutih sebagai cara memutihkan wajah khusus untuk ibu-ibu hamil, tapi seperti pertanyaan sebelum-sebelumnya, apakah aman untuk ibu sendiri dan apakah ada dampak negatif terhadap janin yang dikandung. Menurut penelitian ada beberapa zat berbahaya untuk kesehatan janin yang terkandung pada krim pemutih tersebut.

1. Mercury : bahan ini memilki dampak yang buruk terhadap sel-sel saraf pada janin yang sedang di kandung.
2. Hydroquinon: bahan ini memiliki efek samping dengan timbulnya bercak kemerahan yang menjadi flek hitam. Memang zat ini masih dapat digunakan, akan tetapi tidak untuk jangka yang panjang.
3. Retinoid: bahan ini juga sangat membahayakan untuk janin, karena dapat menyebabkan kelumpuhan terhadap janin.

Telah disebutkan zat-zat yang terkandung pada krim pemutih, oleh karena itu sebisa mungkin untuk para ibu hamil tidak menggunakan krim pemutih terlebih dahulu. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk menghindari bahaya dari krim pemutih.

1. Merkuri bukan merupakan bahan pembuatan kosmetik. Jadi hati-hatilah jika ada yang menyebutkan bahwa krim tersebut dapat memutihkan hanya dalam beberapa hari. Dan sudah jelas krim atau obat tersebut mengandung merkuri.
2. Untuk perawatan wajah supaya terlihat putih dan berseri, gunakanlah masker-masker yang terbuat dari bahan alami. Hal ini pun dapat dilakukan jika usia kandungan telah memasuki 4 bulan kehamilan.
3. Agar kulit tidak menjadi gelap, maka mulailah memakai sunblock dengan SPF 30 antara jam 09.00-16.00. dan pengulangan pemakaian setiap 3 jam sehari.
4. Berkonsultasilah kepada dokter jika anda ragu dengan alat-alat kosmetik anda. Karena tidak hanya krim pemutih saja yang terkandung zat berbahayanya. Lipstick, bedak, pewarna rambut, dan obat jerawat juga mengandung zat pengawet. Jadi penting sekali untuk berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda.
5. Kulit dan wajah yang berseri memang dambaan setiap perempuan, akan tetapi kesehatan tubuh jauh lebih penting. Jadi jangan sampai anda mengorbankan kesehatan anda hanya untuk kecantikan yang hanya sesaat saja.

Sumber : berhati-hatilah-menggunakan-pemutih-kulit-saat-kehamilan http://bidanku.com/berhati-hatilah-menggunakan-pemutih-kulit-saat-kehamilan#ixzz3Blust8If

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s