5 Gerakan Sehat Untuk Ibu Hamil


5-gerakan-sehat-untuk-ibu-hamilMasa kehamilan adalah masa yang sangat membanggakan untuk anda, apalagi untuk anda yang baru mengalami kehamilan pertama. Terkadang ibu hamil sangat cemas dengan gerakan yang dilakukan pada kehidupan sehari-harinya, apalagi pada masa awal kehamilan. Banyak ibu hamil yang khawatir dengan janin di masa awal kehamilan karena masih rentan, salah saja anda melakukan gerakan yang membahayakan janin akan berakibat fatal.

Anda bisa melakukan gerakan yang aktif dan ringan di awal kehamilan anda sehingga diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada peningkatan berat badan. Aktifitas fisik yang sesuai dengan ibu hamil dapat anda lakukan, seperti jalan kaki, yoga dan lain-lainnya. Alangkah baiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda ketika akan melakukan gerakan (olahraga) bagaimanapun dokter mengetahui sejarah kehamilan anda sehingga lebih mudah menentukan olahraga yang disesuaikan dengan keadaan dan kehamilan anda.Gerakan yang tepat akan memberikan pengaruh yang positif untuk ibu hamil diantaranya anda dapat mengatur pernapasan sehingga membantu proses melahirkan anda. Selain itu gerakan yang tepat, bisa anda lakukan sendiri atau bergabung dengan komunitas senam ibu hamil sehingga anda dapat menyeseuaikan fisik kehamilan seperti nyeri ketika persalinan dan kelahiran. Gerakan yang tepat ternyata mampu mengurangi lebam yang muncul di persendian. Manfaat lebihnya untuk anda adalah lebih rileks , mengatasi kecemasan. Membantu anda dalam mengatasi kekhawatiran mendekati persalinan, sehingga terhindar stress.

Penting untuk anda ingat bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk anda tidak terkecuali pada ibu hamil. Untuk hasil yang optimalkan gerakan yang disarankan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

1.  Duduk bersila
Anda hanya membutuhkan matras sebagai bantalan duduk anda sehingga anda tidak bersentuhan dengan lantai, gunakan matras yang nyaman untuk anda duduki.Ambil posisi duduk bersila dengan memposisikan tangan kanan dan tangan kiri pada sisi tubuh anda, luruskan siku dan telapak tangan sehingga menempel di lantai. Atur nafas anda berulang kali. Setelah itu anda dapat menambah gerakan dengan mengangkat kedua tangan dari samping tubuh ke arah kepala sebari menarik napas.Turunkan tangan secara perlahan ke bagian depan tubuh.

2.  Berbaring
Anda dapat melakukan gerakan ini dengan berbaring sehingga kedua kaki menumpu ke dinding. Posisikan kedua tangan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas tubuh. Rilexkan seluruh tubuh anda dengan memejamkan mata, tarik napas perlahan.

3.  Merangkak
Posisi merangkak dengan posisi siku tangan lurus, arahkan pandangan anda ke depan dengan kepala yang terangkat dan punggung anda sejajar. Tarik napas secara perlahan, lengkungkan punggung ke arah dalam, lalu tarik napas kembali  secara perlahan sambil kembali meluruskan punggung ke posisi semula. Lakukan gerakan ini berulang dalam hitungan.

4.  Posisi berbaring miring
Tempatkan lutut kanan anda di depan kemudian posisikan lutut kiri ke belakang. Anda bisa menggunakan bantuan bantal. Dengan memposisikan badan miring ke samping dengan menekuk kedua lutut dan ke dua lengan sehingga akan membantu anda menenangkan pikiran.

5.  Posisi berbaring telentang
Posisikan badan anda sambil memegang ke dua lutut dengan kedua tangan anda. Anda dapat membuka mulut sehingga memberikan kesempatan untuk anda mengatur napas. Gerakan badan ke bawah dan ke depan bisa anda kolaborasikan dengan hitungan disesuaikan dengan tenaga anda.

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s