Pentingnya Melakukan Test Darah Saat Hamil


Serangkaian test mempersiapkan kehamilan anda sangat penting untuk dilakukan diantaranya adalah dengan memeriksakan virus di dalam tubuh anda atau pasangan anda yang dapat mengakibatkan penyakit yang fatal untuk perkembangan janin anda. Selain itu pemeriksaan sebelum kehamilan bertujuan untuk mengetahui penyakit seksual menular yang dapat mengakibatkan resiko kematian pada ibu dan janin pada masa kehamilan. Selain melakukan serangkaian test dalam mengidentifikasi virus dan penyakit di dalam tubuh anda dan juga pasangan anda juga harus melakukan beberapa test kesehatan selama kehamilan anda. Test yang wajib untuk anda lakukan adalah test darah saat hamil. Test darah pada saat anda hamil bertujuan untuk mengetahui golongan darah anda dan rheusesnya (Rh) sehingga dapat mengidentikasi secara dini gangguan kesehatan yang mungkin timbul dari masalah darah tersebut.

Sedangkan pemeriksaan rhesus bertujuan lebih terperinci yaitu untuk mengetahui rhesus positif dan negatif pada ibu dan janin. Sedangkan rhesus negatif dan positif ditentukan oleh kandungan protein dan karbohidrat di dalam darah. Bagi ibu yang memiliki antigen-D dalam darah digolongkan pada rhesus positif sedangkan untuk yang tidak memiliki antigen-D dapat dikatakan rhesus negatif. Bagi ibu yang memiliki rhesus negatif sedangkan janin memiliki kandungan positif dari suami anda yang memiliki rhesus positif akan memilii kerusakan pada sel darah merah pada bayi dan mengalami masalah perkembangan pada janin, mengalami keguguran bahkan hingga kematian bayi.

Tes darah umumnya dilakukan pada usia kehamilan 10 hingga 12 minggu dan akan dilakukan kembali pada usia kehamilan memasuki usia 28 minggu. Selain memeriksa golongan darah dan rhesusnya, kadar zat besi dan hemoglobin di dalam darah sangat penting untuk diperiksa untuk mengetahui kondisi kesehatan pada ibu hamil. Terutama ibu hamil yang memiliki riwayat anemia. Resiko anemia pada saat kehamilan akan menjadi dua kali lipat mengingat kebutuhan zat besi ekstra sangat dibutuhkan di dalam perkembangan janin anda selain itu pemeriksaan hemoglobin bertujuan untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam perkembangan kehamilan anda.

Pemeriksaan darah juga berfungsi untuk mengetahui antibodi yang anda miliki untuk menjaga kesehatan anda dan janin dalam menangkal beberapa virus dan bakteri penyebab penyakit. Bila terjadi antibodi yang anda miliki selama kehamilan mengalami penurunan maka dapat dilakukan pencegahan. Salah satu contohnya adalah dengan menghindari orang yang telah terjangkit rubella, apalagi untuk anda yang megalami trimester pertama kehamilan dan setelah anda setelah melahirkan membutuhkan imunisasi dikarenakan pada saat hamil tidak diperbolehkan mendapatkan imunisasi rubella.

Bantuan medis memang sangat membantu anda untuk menjaga kehamilan terutama perkembangan janin anda. Selain itu anda perlu memperhatikan kesehatan anda dan janin melalui test darah untuk mengetahui kemungkinan bayi anda mengalami kelainan genetik yang dapat diturunkan dari anda atau suami. Salah satu kelainan genitik yang sering dikhawatirkan adalah cystic fibrosis yaitu penyakit yang menyebabkan adanya penumpukan di dalam fibriosis dan juga dalam pembentukan kista yang akan mengganggu kesehatan organ seperti kelenjar pankreas bahkan hingga saluran pencernaan dan pernapasan anda. Adapun beberapa kelainan genetis  lainnya yang mungkin ditimbulkan adalah memiliki kolestrol tinggi dan kelainan bentuk sel darah kemudian thalassemia atau adanya asam amino dalam pembentukan hemoglobin pada tubuh dan adanya penyakit yang berhubungan dengan lemak di dalam sel terutama mempengaruhi saraf dan sel otak.

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s