Tips Perjalanan Mudik Lebaraan Saat Hamil


Mudik adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat indonesia dalam menyambut hari besar seperti Idul Fitri. Menurut pengertian mudik adalah kembali ke kampung halaman, untuk anda yang sedang berada di tempat perantauan, tradisi mudik tidak bisa anda lewati. Bagi anda yang sedang hamil, amankah melakukan perjalanan mudik? Berikut adalah tips perjalanan mudik lebaran saat hamil :

1.  Masa Kehamilan yang sesuai

Penting untuk anda memperhatikan kesehatan saat melakukan perjalanan apalagi menghabiskan waktu berjam-jam. Dengan beberapa permasalahan ibu hamil yang mungkin terjadi seperti mual dan muntah, pegal-pegal, sakit punggung dan kram. Sehingga memperhatikan usia kehamilan sebelum mudik adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan. Pada trimester kedua adalah waktu yang tepat untuk anda melakukan perjalanan mudik lebaran saat hamil. Pada masa ini kehamilan anda sudah terhindar dari mual dan muntah (morning sickness) selain itu untuk anda yang sudah memasuki trimester ketiga melakukan perjalanan mudik bisa anda lakukan asalkan usia kehamilan anda kurang dari 32 minggu hal ini untuk mengurangi resiko kontraksi diperjalanan. Pada beberapa ibu hamil melakukan perjalanan dengan waktu yang lama akan mengalami beberapa masalah sehingga yang menggunakan kendaraan pribadi dapat berhenti beberapa menit terlebih dahulu.

2.  Kesehatan Kehamilan

Beberapa pertimbangan selanjutnya untuk anda yang sedang hamil adalah kesehatan ibu hamil. Kesehatan ibu hamil sangat penting untuk dipertimbangkan mengingat perjalanan mudik akan menghabiskan waktu lebih tinggi ketimbang perjalanan biasanya, macet adalah salah satu masalah yang mungkin dialami oleh ibu hamil. Bagi anda yang memiliki resiko kehamilan yang tinggi misalnya riwayat tekanan darah tinggi, diabetes atau gangguan lainnya sebaiknya tidak melakukan perjalanan yang menghabiskan waktu lebih banyak (membuat anda kelelahan) jikapun memang anda menginginkannya sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan anda.

3.  Pilihan Perjalanan Mudik

a.  Menggunakan Transportasi Udara

Bagi anda yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan pesawat saat kehamilan aman saja dilakukan. Anda tidak perlu cemas dengan radiasi mesin x ray karena tidak akan mengganggu kesehatan janin anda. Meskipun resiko perjalanan udara deep venous thrombosis akan meningkat dua kali lipat pada ibu hamil oleh karena itu anda harus memperhatikan beberapa hal seperti posisi duduk yang mendekati toilet untuk memudahkan anda ketika kebiasaan buang air kencing saat hamil meningkat, obat anti mual bisa anda persediakan saat perjalanan menggunakan pesawat dengan rekomendasi dari dokter, pada ibu hamil yang melakukan perjalanan udara sebaiknya menggunakan stocking untuk meningkatkan peredaran darah, sebelum anda melakukan perjalanan anda dapat berjalan-jalan terlebih dahulu dan juga menghindari makanan yang mengandung gas karena dapat meningkatkan mual dan muntah.

b.  Menggunakan Transportasi Darat

Transportasi merupakan perjalanan yang sering digunakan meskipun sangat melelahkan belum lagi kemacetan mungkin saja terjadi selama perjalanan mudik anda. Ibu hamil harus mempersiapkan jauh-jauh hari dimulai dari waktu perjalanan untuk menghindari kemacetan, menggunakan sabuk pengaman, anda dapat mencari informasi terlebih dahulu beberapa pusat kesehatan yang mungkin anda temui selama perjalanan, meyediakan obat-obatan khusus untuk ibu hamil sangat penting untuk menghindari kelelahan yang berlebih. Usahakan kaki anda mendapatkan ruang yang nyaman untuk menghindari kram.

c.  Menggunakan Transportasi Laut

bagi anda yang memerlukan transportasi laut hal yang harus diperhatikan adalah mabuk laut sehingga resiko akan dua kali lipat untuk ibu hamil ,berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi obat yang diperlukan, memilih waktu yang pas sehingga meminimalisir kemungkinan jumlah pengguna yang berlebih, anda dapat menyediakan beberapa makanan dan minuman yang sehat untuk menunjang perjalanan menggunakan transportasi laut anda.

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s