Tak Kunjung Punya Anak, Apa yang Salah?


Bila tak kunjung hamil, tiga bagian tubuh inilah yang akan menjalani pemeriksaan intensif.

VIVAnews – Faktor kesuburan terkadang menjadi isu sensitif bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Jika saat ini Anda sedang berencana untuk hamil ketahui tiga bagian tubuh yang menentukan kesuburan Anda.

Apabila Anda agak sulit mendapatkan keturunan, tiga bagian tubuh inilah yang akan diperiksa intensif. Hasilnya yang berupa catatan pemeriksaan, akan dijadikan acuan untuk mencari penyebab masalah kesuburan.

* Ovarium. Untuk menjadi janin ovarium atau sel telur ini harus berovulasi. Ovulasi adalah saat terlepasnya sel telur dari indung telur dalam rahim perempuan. Ovulasi teratur ditandai dengan menstruasi yang teratur. Jika siklus haid Anda 21 hingga 35 hari, maka Anda termasuk yang teratur berovulasi.

Panjang pendeknya masa haid juga menentukan kelain kelenjar tiroid yang bisa di diagnosa melalui tes darah. Pemeriksaan ovarium juga bisa dilakukan melalui tes darah yang dilakukan selama tiga hari saat haid.

* Tuba Falllopi. Bagian ini juga penentu kesuburan wanita. Banyak penyakit yang terdapat tuba fallopi salah satunya adalah endometriosis. Jika terjadi maslaah kesuburan bagian ini juga akan diperiksa oleh dokter.

Pemeriksaannya bisa menggunakan sinar X atau disebut hysterosalpingogram (HSG). Jika ditemukan masalah maka ada beberapa prosedur yang dilakukan untuk membersihkan saluran tuba fallopi.

* Uterus. Kelainan pada uterus seperti septum, dan tumor bisa menimbulkan kesulitan kehamilan. Meskipun tidak semua kelainan menyebabkan kesulitan tetapi jika Anda pernah mengalami keguguran, dokter Anda biasanya akan melakukan pemeriksaan uterus menggunakan HSG. Jika ada masalah serius akan diatasi dengan jalan operasi.

• VIVAnews

 

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s