Kenali Dua ‘Musuh’ kesuburan


Zat dan bahan makanan ini dicurigai menjadi ‘biang keladi’ penyebab ketidaksuburan.

IVAnews – Meski belum jelas cara kerjanya, ada bukti-bukti yang menunjukkan bahwa kafein memang menurunkan peluang wanita untuk hamil. Batasi konsumsi kafein Anda dibawah angka 300 miligram perhari (300mg kafein sama dengan tiga cangkir kopi atau enam kaleng minuman cola).

Ingat bahwa kafein tidak cuma terdapat pada kopi tetapi pada makanan lain seperti, soft drink, aspirin, dll. Yang dicurigai sebagai biang keladi infertilitas adalah efek stimulan atau daya rangsang pada kafein menyebabkan perubahan kadar hormon yang pada gilirannya mengganggu fertilitas. 

Tetapi kafein baik bagi pria bila dikonsumsi sebelum bercinta karena akan meningkatkan kemampuan gerak sperma.

Selain kafein, hingga kini para pakar juga masih meneliti susu yang menimbulkan pro kontra seputar kandungan Laktosa. Kandungan ini dicurigai sebagai penyebab ketidaksuburan pada wanita. Dalam proses pencernaan, Laktosa harus dipecah menjadi dua, yaitu glukosa dan galaktosa. Beberapa penelitian membuktikan bahwa galaktosa menjadi racun bagi sel telur.

Problem bertambah pada beberapa wanita hanya memiliki kadar enzim yang rendah yang diperlukan untuk memecahkan gula ini, dan menyebabkan penimbunan galaktosa. Maka beberapa pakar akan memasukkan susu pada makanan musuh kesuburan sedangkan yang lain akan menganjurkan minum susu karena kandungan protein dan kalsiumnya.

Untuk mendapatkan protein dan kalsium dari bahan makanan lain, Anda dapat mencoba sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, tepung dan minuman jus dengan tambahan kalsium.

• VIVAnews

 

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s