Deteksi Sel Kanker Lewat ASI


Air susu ibu ternyata bisa jadi cara sederhana mendeteksi adanya sel kanker payudara.

VIVAnews – Air susu ibu (ASI) merupakan cairan yang mengandung sel-sel dari jaringan payudara. Karena itulah, air susu ini dapat membantu wanita untuk mendeteksi seberapa risiko terhadap kanker payudara.

Menurut peneliti dari University of Massachusetts, gen methylated yang terdapat dalam air susu ibu dapat mengindikasikan perkembangan sel-sel kanker payudara. Tes yang perlu dilakukan pun simpel dan cepat. Tes ini akan segera disosialisasikan ke sejumlah rumah sakit. Jadi, bagi wanita yang sedang menyusui bisa langsung melakukan tes ini.

Itu baru salah satu keuntungan dari proses persalinan. Selain bisa mendeteksi kanker lebih dini lewat ASI, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan waniya yang baru melahirkan, antara lain:

– Mengurangi risiko kanker ovarium
Wanita yang telah melahirkan memiliki 20% lebih kecil risiko terkena penyakit ini dari pada yang belum pernah melahirkan, karena siklus ovulasi yang semakin rendah.

– Membangkitkan sel-sel otak
Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan perubahan hormon yang dialami setelah masa bersalin dapat membuat daerah otak bagian menyerap informasi dan memori lebih besar. Diduga kondisi ini juga dialami pada manusia, terutama ketika usia si kecil semakin besar (setelah 2 tahun), dan telah menjalani peran sebagai ibu.

– Menurunkan risiko diabetes melitus
Masa menyusui dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 15% tiap tahun selama menyusui.

• VIVAnews

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s