Efek Buruk Menahan Bersin Bagi kesehatan


Jika anda ingin bersin ketika anda sedang terlibat perbincangan yang serius, atau berada pada pertemuan penting atau berada di ruang yang sepi dan senyap, kebanyakan orang lebih memilih untuk menahan bersinnya. Sebaiknya anda jangan pernah menahan bersin karena bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Hal ini pernah terjadi kepada saya. Dulu saya suka menahan bersin yang berakibat seringnya saya mimisan secara tiba-tiba. Setelah saya periksakan ke dokter hasilnya adalah pembuluh darah pada hidung saya ada yang pecah sehingga mimisan ini sering terjadi. Syukurnya sekarang saya sudah sembuh.

Salah satu cara untuk menahan bersin yaitu dengan cara menekan hidung sampai keinginan untuk bersin menjadi hilang sama sekali. Padahal Ternyata menahan bersin itu justru akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan yang serius jika sering anda lakukan.

Tahukah anda.. kecepatan bersin manusia adalah 161 km/jam, jadi  jika seseorang menahan untuk bersinnya  maka tubuhnya harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini  pasti mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali.

” Sebenarenya fungsi dari Bersin itu sendiri merupakan kegiatan yang menguntungkan bagi tubuh, karena fungsinya adalah untuk  membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan).

Beberapa efek buruk yang bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin yaitu:

  1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  2. Mimisan
  3. Pecah gendang telinga
  4. Gangguan pendengaran
  5. Vertigo
  6. Retina yang terlepas atau mengalami emfisema. Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.

Emfisema adalah suatu kondisi yang bisa menyerang anak-anak ataupun orang dewasa, kondisi ini sangat berbahaya dan berpotensi mematikan karena dapat membatasi pasokan udara. Tanda-tanda yang muncul biasanya wajah atau leher yang membengkak dan timbul rasa ketidaknyamanan.

“Untuk membantu seseorang agar mudah bersin bisa dengan cara melihat cahaya terang, hal ini dapat merangsang saraf optik yang melintasi jalur pusat bersin. Selain itu iritasi yang terjadi di saraf dekat pusat bersin juga bisa memicu seseorang untuk bersin,” tambahnya.

Saat seseorang bersin biasanya diikuti oleh keluarnya bakteri atau kuman dari dalam tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga hidung agar tetap bersih, karenanya seringkali bersin terjadi secara berulang-ulang.

Jadi jangan pernah menahan bersin untuk menghindari beberapa risiko tersebut. Tapi jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain.

 

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s