Tips Kesehatan Menambah Sistem Kekebalan Tubuh


Tips Kesehatan Menambah Sistem Kekebalan Tubuh. Dimusim pancaroba seperti sekarang ini, kita rentan sekali dengan berbagai macam penyakit seperti pilek, flu, dan demam. Ditambah lagi dengan meningkatnya kasus penyebaran virus flu babi yang juga menambah kekhawatiran kita terhadap kesehatan. Namun demikian, yang palin penting ita perhatikan adalah daya tahan tubuh kita terhadap berbagai macam penyakit tersebut. Sistem kekebalan tubuh memiliki peranan penting dalam membantu tubuh melawan serangan benda asing yang mengancam tubuh. Oleh karena itu, untuk memelihara kesehatan tubuh, sistem kekebalan juga haru dijaga.

Berikut ini adalah tips dalam menambah sistem kekebalan dalam tubuh anda:

1. Minum teh hijau
Teh dapat menambah pertahanan tubuh sampai lima kali lipat. Hal itu dikarenakan teh mengandung bahan kimia L-theanine, yang berubah menjadi ethylamine di dalam liver. Ethylamine adalah molekul yang memancing respon sel darah imun, salah satu sel T. Sel T tersebut mendorong sekresi interferon, kunci pertahanan melawan infeksi. Teh juga tinggi antioksidan.

2. Makan yogurt
Yogurt banyak mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan anda begitu juga dengan kesehatan keseluruhan anda. Menurut WHO, memakan atau meminum bakteri “bagus” ini dapat menambah sistem kekebalan tubuh anda, memberikan kalsium kestra dan hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

3. Makan semangkuk sup ayam
Sup ayam bermanfaat untuk menangkal penyakit dengan membantu sekresi saluran udara, membantu hidrasi karena kandungan air yang tinggi dalam sup, dan menutrisi sistem kekebalan tubuh dengan protein dari ayam dan bahan gizi dari sayuran.

4. Prioritaskan tidur
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengidap insomnia kemungkinan besar juga didiagnosa memiliki kondisi medis lainnya. Alsannya, kekurangan tidur dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang membahayakan, menempatkan anda pada risiko terkena virus H1N1 flu babi dan banyak penyakit lainnya. Dapatkan tidur selama 7-5 jam semalam.

5. Rileks
Ada jarak yang lebar dari efek negatif bahwa stres juga memiliki peranan pada kesehatan anda. Salah satu yang paling berbahaya adalah membahayakan sistem kekebalan tubuh anda dan menempatkan anda pada risiko besar terhadap penyakit pernapasan dan penyakit lainnya. Cari cara terbaik untuk mengatur penyebab stres harian anda ambil waktu untuk rileks. Bernapas bisa menjadi salah satu caranya. Tarik napas dengan hitungan empat dan keluarkan dengan hitungan enam. Menghembuskan napas lebih lama secara alamiah membantu relaksasi. Anda tidak dapat memiliki kecemasan jika otot-otot anda rileks.

6. Sinkronisasikan cilia anda
Stimulasi cilia anda dengan melakukan humming “ooooommmm” dengan tone rendah. Vibrasi tersebut bersinkrinisasi dengan cilia normal dan akan mempercepat cilia. Pikirkan hal itu sebagai meditasi untuk kesehatan anda – humming “om” tidak hanya akan mensinkronisasi pertahanan tubuh anda melawan penyakit pernapasan, termasuk virus H1N1 flu babi, tapi juga menambah sistem kekebalan dengan membantu anda mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Sebagai tambahan memperkuat sistem kekebalan tubuh, pastikan anda mengambil langkah pencegahan untuk mengurangi risiko terkena H1N1 flu babi.

Sumber: http://pharos.co.id/health-tips/388-kekebalan-tubuh.html

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s