Pra-Menstruasi (PMS)


Meski sebagian besar wanita yang dapat memahami betapa mengganggunya gejala sindrom pra menstruasi terhadap kehidupan mereka, bebas dari gejala menstruasi merupakan harapan dari jutaan wanita di Indonesia.

Makin banyak wanita aktif yang merasa terganggu hidupnya seiring dengan datangnya tamu bulanan. karena pada masa menjelang haid atau yang disebut dengan sindrom Pra-menstruasi (PMS) kaum wanita acapkali didera berbagai gangguan seperti mood yang tidak stabil, sakit kepala, nyeri perut dan kembung. ketika gejala tersebut tidak ditangani dengan tepat maka akan semakin parah sehingga memicu disforia pramenstruasi (PMDD).

Prevalensi PMS dan PMDD tiap negara dibandingkan di wilayah Asia Pasifik beragam. Di Asia Fasific, satu dari lima wanita penderita PMS atau sekitar 22%, sementara 4% wanita mengalami disforia pra-menstruasi (PMDD).  Berbagai gejala pra-menstruasi mempengaruhi performa kerja, pekerjaan rumah tangga dan hubungan dengan keluarga dan pasangan.

Gejala PMS telah lama dikenal tepatnya sejak zaman Hippocrates pada 370 sebelum masehi dan terjadi pada wanita usia reproduksi. setidaknya gejala tersebut dialami oleh 90 % perempuan. Menurut psikiater dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Sylvia Detri Elvira, SpJK, sindrom pra-menstruasi merupakan kumpulan gejala yang muncul antara 1 hingga 14 hari sebelum masa menstruasi dan biasanya berhenti saat menstruasi mulai.

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s