Komplikasi yang kerap timbul selama kehamilan


  1. Perdarahan. Komplikasi perdarahan dapat terjadi setiap saat selama kehamilan, persalinan dan nifas. Penyebabnya berbeda-beda, begitu pula dengan pencegahannya. Abortus spontan dapat terjadi pada awal kehamilan. Sedangkan perdarahan pasca persalinan dapat dideteksi dini dengan mengenali faktor risiko. Contohnya hamil kembar, anemia, plasenta previa, persalinan lama dan lain-lain.
  2. Anemia. Anemia dalam kehamilan ialah suatu kondisi ibu dengan kadar hemoglobin dibawah 11 gr % terutama pada trimester I dan trimester III. Angka anemia pada kehamilan cukup tinggi. Terdapat bukti adanya hubungan positif antara tingginya kadar hemoglobin dengan risiko bayi berat lahir rendah (kurang dari 2500 gram). Dengan kata lain pemberian suplemen tablet zat besi pada wanita dengan asupan gizi baik tidak diperlukan.
  3. Preeklamsia-Eklamsia. Preeklamsia adalah kondisi saat tekanan darah menikat selama kehamilan. Mereka yang berisiko preeklamsia: baru pertama kali hamil riwayat keluarga, hamil kembar, hamil usia remaja, hamil lebih dari 40 tahun dan menderita darah tinggi atau ginjal. Tanda dan gejala preeklamsia: edema (bengkak) di seluruh tubuh, nafas pendek, nyeri dada, nyeri ulu hati dan penglihatan kabur. Jika terdapat tanda-tanda tersebut segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.
  4. Infeksi Saluran Kemih. Penyakit infeksi bakteri pada saluran kemih yang sering terjadi akibat kurang minum, menahan kemih, kateterisasi dan penyakit serta kelainan lainnya. Wanita hamil dianjurkan untuk pemeriksaan panggul pada kunjungan pertama untuk mendeteksi gejala infeksi saluran kemih dan mengobatinya.
  5. Persalinan Macet. Ada 3 hal yang menjadi penyebab terjadinyapersalinan macet (distosia) yaitu: ada kelainan pada 3P;power, passage, passanger. Persalinan macet juga salah satu penyebab kematian ibu. Faktor tinggi badan dapat memprediksi kasus persalinan macet.

 

About bidandelima

Bismillah... Cukuplah bl aq merasa mulia krn Engkau sbg Tuhan bagiq & cukuplh bila aq bangga bahwa aq mnjd hamba bagiMu. Engkau bagiq sebagaimana yg aq cintai, mk berilah aq taufik sebagaimna yg Engkau cintai. (Sayidina Ali Karamallahu Wajnah) "Ya Allah, Jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, jangan Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka" (Abu Bakar As-Shiddiq. ra)
This entry was posted in kehamilan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s